10 Film Yang Mengubah Dunia

10 Film Yang Mengubah Dunia

Selain sebagai media hiburan, film juga merupakan sumber inspirasi. Bahkan beberapa di antaranya mempengaruhi isu sosial, hukum, dan kehidupan bermasyarakat. Berikut ini 10 film yang dinilai telah membuat perubahan di dunia.


10. Super Size Me


Film dokumenter perdana sutradara Morgan Spurlock ini melakukan percobaan untuk melihat apa yang akan terjadi jika dia hanya makan makanan dari McDonald selama sebulan. Hasilnya, berat badan Spurlock naik 20 pound, mengalami depresi, dan kerusakan hati.'Super Size Me' juga meneliti cara makanan cepat saji itu dipasarkan, dan budaya gizi buruk serta kecanduan yang dipromosikan restoran tersebut. Film yang dirilis pada 2004 itu sukses besar dengan pendapatan US$ 30 juta dari modal yang tak lebih dari US$ 2 juta. Film tersebut juga membantu untuk kembali memicu kekhawatiran publik atas epidemi obesitas.Kurang dari enam minggu setelah 'Super Size Me' rilis, McDonald menghentikan pilihan 'Super Size' dari menu mereka (meskipun restoran tersebut menyangkal bahwa langkah ini ada hubungannya dengan film). Dan sejak itu, McDonald telah membuat langkah-langkah untuk menyertakan makanan alternatif yang lebih sehat dalam menu mereka.


9. Rosetta


Meskipun tidak terlalu terkenal, film yang disutradarai Jean-Pierre dan Luc Dardenne itu menimbulkan sedikit keributan saat dirilis pada 1999 lalu. Film ini bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Rosetta yang meninggalkan rumah untuk melarikan diri ibunya yang seorang pecandu alkohol.Rosetta mencoba untuk menemukan pekerjaan, dan bertahan hidup sendiri. Penggambaran perjuangan dalam karakternya terasa begitu realistis hingga memenangkan Palm d'Or di Festival Film Cannes. 'Rosetta' juga mampu menginspirasi hukum baru di Belgia bahwa pengusaha dilarang membayar pekerja remaja kurang dari upah minimum.


8. 2001: A Space Odyssey


Mungkin sulit untuk dibayangkan sekarang, tapi ketika dirilis pada 1968, '2001: A Space Odyssey' adalah salahsatu film paling inovatif, imajinatif, dan benar-benar film membingungkan yang pernah dibuat. Film yang disutradarai Stanley Kubrick itu juga mengambil bagian dalam misi ruang angkasa ke Saturnus.'2001: A Space Odyssey' dipuji karena perhatian terhadap detail dan realisme ilmiah, seperti penggunaan sejumlah teknologi yang diperkirakan seperti TV layar datar dan perangkat lunak pengenalan suara.Pengaruhnya terhadap film kemudian beragam, namun yang paling penting merebut imajinasi publik tentang kemungkinan perjalanan ke ruang angkasa. Saat para ilmuan NASA dengan Apollo 11 mendaratkan diri di bulan setahun kemudian, para astronot menggambarkan pemandangan di sana sebagai "persis seperti (film) 2001."


7. Harlan County, USA


Film dokumenter karya sutradara Barbara Kopple, 'Harlan County, USA' mungkin memberikan dampak yang cukup besar usai dirilis. Film yang dibuat di awal dekade 70-an itu membuat 180 penambang batu bara di pedesaan Kentucky mogok kerja untuk menuntut kondisi kerja yang lebih aman, dan pembayaran yang lebih baik.Pemogokan itu urusan panjang dan pahit, dengan sejumlah tindak kekerasan yang dialami para pekerja sebagai konsekuensinya. Setelah salah satu dari penambang ditembak mati, beberapa kompromi akhirnya tercapai.Beberapa insiden kekerasan itu dihindari hanya kru filmnya hadir sebagai saksi. Film ini memenangkan Academy Awards untuk Best Documentary pada 1976. Keberhasilannya membantu para penambang di Harlan County serta bagian lain dari negara tersebut menumbuhkan kesadaran publik untuk menjamin kondisi kerja yang lebih aman.


6. JFK


Film yang berkisah tentang pembunuhan Presiden John F. Kennedy ini disebut-sebut menjadi film paling kontroversial yang pernah dibuat ketika dirilis pada 1991 silam. Bahkan sebelum dirilis, kritikus dan sejarawan menyerang teori yang menuduh adanya konspirasi pemerintah di balik pembunuhan Sang Presiden.Sutradara Oliver Stone menerima ancaman pembunuhan yang tak terhitung, dan Presiden MPAA bahkan menulis sebuah artikel yang membandingkan dengan film propaganda perang Nazi. Semua perhatian media berpengaruh pada kesuksesan film tersebut, dan membantu untuk memulai kembali perdebatan mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Dallas pada 1963 silam.Sebagai hasilnya, sebuah dewan dibentuk untuk menginvestigasi pembunuhan tersebut. Mereka mengumpulkan catatan sejarah yang terkait dengan pembunuhan, dan menyediakannya sebagai informasi untuk umum. Namun lama-kelamaan berkas informasi tersebut tak lagi diinformasikan, dan semua catatan yang tersisa tidak akan dirilis sampai 2017.

http://hot.detik.com/movie/read/2011/08/02/132826/