Benarkah Samsung Sematkan Chip Pengintai di Baterai?

Benarkah Samsung Sematkan Chip Pengintai di Baterai?Chip diduga alat pengintai @youtube.com
Setelah Samsung dikabarkan menyematkan chip mata-mata pada baterai produk mereka, belakangan ini menjadi sangat ramai di media sosial video yang memperlihatkan sesorang tengah membongkar baterai smartphone Samsung.

Salah satu yang paling banyak dilihat adalah unggahan salah seorang Youtuber bernama Pinoy Viral.

Dalam video tersebut seorang pria bernama Rodolfo Dimatira menemukan microchip tersembunyi di balik pembungkus baterai smartphone Samsung baru miliknya.

Rodolfo bahkan mengatakan jika chip yang ia temukan bisa merekam setiap aktivitas smartphone pengguna.

Dilansir Phone Arena ia mengatakan, "Samsung dapat menyimpan gambar dari smartphone Anda dan menyadap semua panggilan telepon lewat gulungan kecil yang mirip antena ini. Jadi, lebih baik Anda mengupas pembungkus baterai sebelum menggunakan smartphone Samsung."

Beberapa pemilik smartphone lain yang ikut membongkar baterai smartphone Samsung mengatakan jika chip yang dimaksud sangat menguras baterai, demikian dilansir Lowyat.net.

Namun diteliti lebih lanjut jika chip di dalam baterai tersebut sebenarnya tidaklah berbahaya bagi pengguna. Chip tersebut diketahui sebagai bagian dari NFC (near field communication) yang berfungsi sebagai antena.

NFC sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk bisa saling berbagi file dengan smartphone lain hanya dengan menyentuhkan kedua perangkat.

Pada smartphone Samsung antena fitur tersebut memang sengaja diletakkan padai bagian baterai. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang isu alat penyadap yang belakangan ini banyak dirumorkan media.

Tidak disarankan juga untuk Anda mencopot antena di baterai tersebut yang seperti dilakukan beberapa orang di YouTube, karena itu akan membuat fungsi NFC tidak bisa berjalan sempurna.
mks