MUI Hanya Sertifikasi Bahan Kain Zoya, Bukan Hijab

MUI Hanya Sertifikasi Bahan Kain Zoya, Bukan HijabSertifikat halal produk hijab Zoya @halhalal.com
Beberapa waktu yang lalu, pihak Zoya mengumumkan dan mengklaim bahwa produknya kini telah mendapat sertifikasi halal dari MUI lewat akun Instagram @zoyalovers.

Kini pihak MUI selaku direktur lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lukmanul Hakim menegaskan bahwa MUI belum memberikan sertifikasi halal untuk hijab merk Zoya. Sertifikasi yang sudah diberikan beberapa hari lalu hanya untuk bahan kain hijabnya saja.

"Kita belum menyertifikasi kerudung. Yang kita sertifikasi adalah produsen kain. Jadi bukan produsen kerudungnya," ujar Lukmanul, seperti dikutip dari viva.co.id (12/2).

Meski demikian, pihak MUI mengaku belum mengklarifikasi kabar tersebut secara langsung pada Zoya. "Zoya mengklaim dirinya halal. Padahal belum bersertifikat halal. Dia kan alasannya pakai bahan halal. Apakah memang dalam prosesnya tidak dijahit? Apakah penggunaan benangnya menggunakan benang yang clear (halal) juga? Kan kita belum tahu," tutur dia.

Selain itu dia juga menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan benang ada emulsifikasi dan proses lainnya. Sehingga tidak hanya kain, benangnya juga seharusnya dicek apakah juga halal.

"Kain kan pasti ada jahitannya, jadi enggak melulu kainnya tapi benangnya," kata Lukmanul.
De