Ilmuwan Jepang Temukan Bakteri Pengurai Plastik

Ilmuwan Jepang Temukan Bakteri Pengurai PlastikLimbah plastik @dailymail.co.uk
Salah satu masalah paling serius yang mengancam bumi sekarang ini adalah plastik. Setiap harinya berton-ton plastik diproduksi di seluruh dunia, padahal plastik adalah materi yang tidak mudah terurai oleh mikroorganisme.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti Jepang, ditemukan sebuah solusi untuk mengatasi masalah limbah plastik. Mereka menemukan bakteri bernama Ideonella sakaiensis 201-F6 yang disebut memakan plastik sebagai sumber energi.

Ideonella sakaiensis dikatakan mampu menghancurkan lapisan tipis yang menjadi bahan utama plastik, polyethylene terephthalate dalam waktu enam minggu ketika suhu 30 derajat Celcius.



Bakteri itu mampu mengeluarkan enzim ISF6-4831 dan ISF6-0224 yang mampu menguraikan limbah plastik, seperti yang dikatakan peneliti di Universitas Keio.

Namun demikian, ilmuwan mengatakan jika waktu 6 minggu masih terlalu lama agar mereka bisa menyelamatkan kondisi bumi dari bahaya limbah plastik. Untuk itulah, mereka kini berusaha menemukan cara untuk mempercepat penguraian yang dilakukan bakteri Ideonella sakaiensis.

Selama ini plastik merupakan salah satu ancaman terbesar bumi, bahkan sejak pertama kali digunakan di awal abad 20. Tiap tahun, satu orang di Eropa mengonsumsi plastik sampai dengan 60-80 kilogram. Bukan tidak mungkin semua sumber daya alam akan tercemari plastik dalam beberapa puluh tahun ke depan.
mks