BPK Tak Pernah Kalah di Pengadilan, Ahok Silahkan Gugat

BPK Tak Pernah Kalah di Pengadilan, Ahok Silahkan GugatGedung Badan Pemeriksa Keuangan RI @kompas.com

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Harry Azhar Azis tidak keberatan apabila Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menggugat hasil audit BPK ke pengadilan. Sebab, apabila keberatan, Harry menilai Ahok sebaiknya tidak perlu berkoar di media massa.

"Tinggal gugat saja, silakan gugat ke pengadilan. Banyak yang menggugat, dan alhamdulillah gugatan mereka tidak dikabulkan," kata Harry dalam acara Pro-Kontra Audit Sumber Waras di Warung Daun.

Harry mengaku BPK sudah sering mendapat protes di pengadilan. Namun selama ini BPK selalu memenangi kasus. Selain itu, BPK menjadi salah satu instansi yang dipercayai dunia. "Kita juga dipercaya badan antikorupsi dunia," ucap Harry.

Sementara itu, Ahok belum terpikir untuk menggugat laporan BPK soal pembelian lahan RS Sumber Waras kepada pengadilan.

"Kan Bang Yusril sudah baik hati kasih tahu kita. Saya bilang kalau audit BPK itu (seperti) Tuhan, nah Pak Yusril juga bilang kalau audit BPK itu enggak bisa dievaluasi sama siapa pun," ujar Ahok yang mengutip pernyataan Yusril Ihza Mahendra bahwa audit BPK tidak bisa dievaluasi siapa pun di Indonesia.

Apabila menggugat BPK ke MK, maka harus menghilangkan pasal wewenang BPK. Dengan demikian, cara untuk menyampaikan ketidakpuasan terhadap audit BPK melalui Majelis Kehormatan BPK.

"Jadi, kalau kamu ada yang tidak puas dengan hasil audit BPK, bukan mengadu ke pengadilan, tetapi mengadu ke Majelis Kehormatan BPK," ujar Ahok.

Ahok sebelumnya sudah mengirim surat protes ke BPK terkait hasil audit pembelian lahan RS Sumber Waras pada 3 Agustus 2015. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay